Lokasi Strategis


Lokasi Strategis

Keputusan lokasi sangat penting karena berkaitan dengan potensi penjualan dan potensi penjualan dan keuntungan, daya saing dan kesinambungan usaha. Keputusan penentuan lokasi merupakan pengambilan keputusan yang kompleks karena menyangkut banyak aspek yang harus di pertimbangkan.

Keputusan penentuan lokasi dapat berdampak besar pada biaya-biaya, di mana kesalahan menentukan berdampak besar bisa berati berinvestasi yanbg sia-sia (terbuang percuma). Keterbatasan fleksibilitas lokasi yang telah dipilih, relokasi bukan hal gampang untuk di lakukan karena akan berati reinvestasi.

Memiliki lokasi straegis sama dengan 50% – 60% peluang keberhasilan bisnis minimarket ini telah di tangan Anda. Bahkan, tanpa harus mengeluarkan modal, Anda dapat memilki bisnis minimarket melalui kerjasama.

Lokasi yang strategis adalah lokasi yang memiliki potensi keuntungan, kini dan mendatang,. Nilai strategis lokasi bersifat relatif. Suatu lokasi bisa jadi strategis untuk suatu usaha tertentu, tetapi belum tentu untuk usaha lainnya. Misalnya, suatu lokasi yang cocok dan strategis utuk usaha restoran padang, belum tentu bernilai srategis untuk membuka usaha minimarket.

Nilai strategis lokasi harus bersifat empirik. Dijustifikasi berdasarkan suatu metodologi penelitian yang ilmiah, suatu studi kelayakan. Suatu studi yang mempertimbangkan berbagai aspek pengaruh di lokasi tersebut terhadap suatu bisnis di masa mendatang. Suatu studi yang endaknya bebas nilai, harus bersifat objektif, tanpa pretensi untuk suatu kepentingan sehingga dapat menghasilkan nilai kepercayaan yang tinggi, penilaian lokasi dapat dilakukan dengan bantuan konsultan yang kompeten dan berpengalaman.