MENCIPTAKAN PERSOALAN UNTUK MEMAHAMI PELANGGAN ANDA


MENCIPTAKAN PERSOALAN UNTUK MEMAHAMI PELANGGAN ANDA

YANG PERLU ANDA KETAHUI

Ada tiga hal dalam setiap bisnis yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan:

– Menaikan harga

– Meningkatkan jumlah pembelian setiap orang

– meningkatkan jumlah pelanggan

Untuk melakukan salah satu dari tiga di atas secara efektif, Anda perlu mengenali pelanggan anda. Sebagai pemasar media sosial, mungkin anda menghabiskan waktu (atau staf anda menghabiskan waktu mereka) di platform sosial untuk melihat-lihat apa yang dikatakan orang tentang bisnis anda. Anda menanggapi dengan memberikan tweeting, pinning pada pinterest, memberi tanda suka di facebook, dan masi banyak lagi. Anda tidak akan dapat melakukan salah satu dari ketiga hal tersebut di atas untuk meningkatkan penjualan anda, kecuali anda mengenal orang yang anda ajak bicara dan mengetahui keinginan mereka.

Pesan pemasaran anda di media sosial akan mempunyai pengaruh besar hanya jika pesan tersebut mengenai sasaran yang tepat. Jika anda belum menentukan pesan yang tepat berdasarkan keunikan pelanggan, Anda hanya membuang-buang waktu. Pesan tersebut tidak akan sampai.

Jadi, apakah yang dapat anda lakukan untuk lebih memahami pelanggan anda? Anda harus fokus memberikan nilai. Hal ini termasuk memantau percakapan mereka, menyediakan konten yang dapat membantu mereka dan dukungan pelanggan yang istimewa.

Dengan melakukan ini, anda juga akan menemukan cela yang paling menguntungkan bagi anda. Setela anda menentukan celah-selah ini, anda dapat menciptakan persoalan yang newakili setiap celah.

PAHAMI CELAH ANDA

Cela pelanggan yang tepat sangat penting untuk keberhasilan suatu bisnis. Namun, menentukan orang yang seharusnya menjadi sasaran penjualan anda dapat menimbulkan rasa takut. Rasa takut seperti apa?

– Takut seecara tidak sengaja meninggalkan sasaran penting

– Takut memilih sasaran yang salah

– Takut membuat pilihan yang buruk

Ketika saya memulai agensi pemasaran online saya sendiri, saya dihadapkan dengan pertanyaan yang sama mungkin seperti yang anda tanyakan pada diri sendiri: “Siapa saja pelanggan saya dan bagaimana saya menjangkau mereka?” pertanyaan ini tidak dapat dijawab dalam semalam, tetapi anda perlu untuk membuat keputsan. Sebuah pesan yang ditunjukan kepada semua orang justru tidak akan terdengar oleh satu orang pun.

Kabar baiknya adalah ketika anda menggunakan seluruh waktu untuk mengidentifikasi sebuah cela dan melihat betapa mudah untuk mengembangkan kampanye pemasaran, ketakutan anda akan hilang.

Jika anda sudah memiliki celah yang anda kenal, mungkin anda merasa bahwa pengetahuan anda tentang mereka belum cukup, atau mungkin anda telah salah menentukan sasaran pelanggan. Jika ini masalahnya, anda akan benar-benar mendapatkan manfaat dari templete yang akan kita bahas.

Apakah sebuah cela itu? Sebuah celah adalah suatu pangsa kecil kelompok yang dianggap membutuhkan produk atau jasa anda. Misalnya, anda dapat memfokuskan penjualan kepada”pemilik bisnis online yang membutuhkan jasa penulisan naska iklan(copywriting).” Namun , alangkah baiknya untuk mengidentifikasi sebuah pangsa celah “perempuan pemilik bisnis online berusia diatas 50 tahun yang memerlukan naska iklan bagi situs web bisnis onlone mereka secara terus menerus.” jangan khawatir jika gambaran tersebut tidak berhasil di hari pertama. Mengidentifikasi cela kelompok adalah sebuah proses yang berulang-ulang.

Namun, sekalipun baru di permulaan, anda dapat mulai mengenali karakteristik-karakteristik utama cela kelompok anda. Sebagian besar pangsa cela yang bags meliputi demografis, psikografis (bagaiman perasaan orang), dan sejimlah informasi detail tentang kesukaan kesukaan mereka.

Mari kita lihat beberapa cara anda, sebagai pemasar media sosial, dapat mengumpulkan informasi tentang pelanggan anda untuk menentukan cela. Anda beruntuk melakukan ini pada era ketika kemampuan untuk menjangkau pelanggan terbentang luas. Tidak ada era lain yang memungkinkan anda dapat langsung berbicara dengan para pelanggan anda dalam skala global.

Toko-toko serba ada dahulu biasanya menjadi tempat orang mengumpulkan dan menyampaikan pendapat mereka, serta membuat perintah khusus, tetapi letak geografis menjadi penghambatnya. Berkat internet, Anda dapat menemukan cela menguntungkan yang terdapat dari orang-orang dari seluruh penjuru dunia.

GUNAKAN BAHASA YANG DIPAHAMI PEMBELI

Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan memperhatikan mereka di media sosial. Pantau komentar-komentar mereka, baca kiriman dan pertukaran mereka di media sosial. Janga berasumsi bahwa anda mengetahui keinginan mereka sampai anda sudah benar-benar memperhatikan mereka.

Pernakah anda memerhatikan ketika anda berkumpul dengan teman, anda menggunakan banyak kata dan frasa untuk menggambarkan berbagai hal? Hal yang sama pun berlaku untuk para pelanggan anda. Mereka menggunakan kata-kata atau frasa tertentu yang merupakan bagian dari pemahaman mereka tentang topik produk anda.

Misalnya, jika anda menanyakan hobi menanyakan koin (numismatis) kepada orang yang tidak mengoleksi koin, tentu saja anda akan dianggap salah alamat.

Permasalahan bahasa ini sangat penting bagi pemasar media sosial karena pelanggan tidak mungkin menemukan bisnis anda, kecuali anda mengetahui kata kunci yang umum mereka pergunakan. Anda perlu memusatkan perhatian untuk memberikan semua hal yang dibutuhkan seseorang sebelum mengambil keputusan untuk membeli.

Bagai mana anda melakukannya? Salah satu cara terbaik adalah dengan menemukan kata kunci yang digunakan oleh para pelanggan anda. Ini berarti dua hal, memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan tiap-tiap pelanggan secara lebih efektif dan meningkatkan peringkat optimisasi mesin pencari (SEO)

GUNAKAN PERSONA UNTUK MEMPERJELAS PASAR YANG MENJADI SASARAN ANDA

Menciptakan persona akan membantu anda melakukan hal berikut:

– Menceritakan kisah terbaik. Bila anda menciptakan persoalan yang benar-benar mencerminkan pelanggan anda, kemudian membuat cerita yang ditujukan kepada mereka, anda akan memecahkan masalah yang sedang terjadi “Bagaimana saya mencari tahu konten apa yang sebaiknya dibuat?”

– Fokus pada upaya pemasaran anda terus-menerus.

– menentukan khalayak yang akan dijadikan sasaran dalam setiap kampanye, isi, serta pesan khusus yang perlu anda ciptakan untuk mereka.

– menentukan tempat untuk menginfestasikan anggaran pemasaran anda.

– Menggunakan bahasa yang umum digunakan oleh staf anda sewaktu membicarakan pelangganketika anda menyebutkan nama persoalan yang ditunjuk, setiap orang akan memahami maksutnya.

ATASI HAMBATAN

Ada dua alasan utama yang mungkin dapat membuat orang tidak menyukai penggunaan persoalan.

Alasan pertama adalah nama persoalan itu sendiri. Menyebut sebuah taktik sebagai sebuah persoalan membuatnya terdengar seakan akan suatu ide yang kompleks. Kita tahu bahwa hal tersebut adalah cara instan untuk mematikan cara berfikir yang kereatif. Tidak ada yang menggunakan istilah persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Jika anda berfikir anda akan menemui beberapa hambatan, beri nama tiap-tiap persoalan dan gunakanlah. Menyebut sebuah persoalan sebagai Henry Johnson akan terdengar lebih bersahabat daripata persoalan.

Alasan kedua penggunaan dokumen persoalan. Hampir semua dokumen persoalan itu membosankan. Kerap kali dokumen-dokumen persoalan berisi banyak teks dan hanya sebuah gambar yang dipakai untuk memecah kebosanan.

Kami membuat pendekatan yang berbeda pada lembar kerja kami untuk membantu anda menjadi lebih kreatif.