Tips Merawat Dokumen Penting ( Ijazah, dsb )

laminating dokumen penting

DOKUMEN PENTING

         Dokumen penting memang harus dijaga sebaik-baiknya agar tetap awet dan masih terjaga, apalagi Ijazah yang sifatnya sangat penting sekali. Nah, biasanya semua orang melindungi dokumen-dokumen penting tersebut dengan cara dilaminating dan di pres mika. Sebenarnya manfaat dari Laminating dan Pres Mika sama saja, yaitu untuk melindungi dokumen penting tersebut menggunakan plastik khusus.

Berikut tips-tips untuk merawat dokumen penting :

Tips #1

Simpan dalam MAP

map raport

Berfungsi sebagai tempat laporan hasil belajar, Ijazah/STTB dan Dokumen lain yang diberikan kepada Siswa setiap Akhir Tahun Ajaran, maupun tahun ajaran baru untuk tempat Raport Sisipan. Dengan kualitas terbaik, dan bermacam warna pilihan, serta dengan Kualitas Logo Warna yang sempurna. Membuat produk Map Raport, Map Ijazah, Map Sertifikat Kami semakin unggul dipasaran.

 

Tips #2

Memperbanyak Dokumen

        Cara aman yang utama adalah dengan memperbanyak dokumen yang Anda miliki secepatnya. Caranya, dengan difoto kopi atau discanner. Simpan dokumen kopian ini dengan baik di lemari Anda atau tempat aman lainnya. Untuk dokumen yang discanner bisa disimpan di flash disk, CD atau komputer.

            Penggandaan dokumen ini sangat penting manfaatnya. Jika sewaktu-waktu dokumen yang asli rusak, hilang maka Anda bisa mengurus lagi dengan cepat. Adanya dokumen kopian ini akan memudahkan pengurusan untuk mendapatkan dokumen pengganti.

 

TIPS #3

Laminating

 

laminating dokumen penting

           Agar dokumen tidak rusak dimakan serangga, kena air dan sobek sebaiknya dilaminating plastik. Ijazah, piagam penghargaan, KK. Akta kelahiran adalah contoh dokumen yang wajib Anda laminating. Sebaiknya, saat digandakan atau dikopi sebaiknya dilaminating sekalian dokumen-dokumen berharga Anda.

 

TIPS #4

Bungkus

Bungkus dokumen penting

Bungkus disini maksudnya bukan dibungkus seperti nasi bukus yah.
Tapi seperti contoh di atas.
           Untuk dokumen yang tidak bisa dilaminating karena lembarannya banyak atau berupa sebuah buku maka caranya adalah membukusnya dengan plastik yang agak tebal. Usahakan pakai plastik yang bening sehingga kalau suatu saat mencari akan memudahkan. Atau jika tidak bisa maka bisa gunakan map plastik yang agak besar dan masukkan semua dokumen penting di dalamnya.

 

TIPS #5

Masukkan dalam lemari

Simpan dokumen penting
            Selanjutnya, simpan semua dokumen penting itu dalam tempat aman dan terkunci. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Pastikan tempat penyimpanan tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang memadai. Usahakan tempat penyimpanan jauh dari air, minyak, debu dan panas matahari langsung yang dapat merusak kertas dokumen. Jangan lupa dikasih label untuk memudahkan pencarian jika nanti dokumen dibutuhkan lagi.

TIPS #6

Beri Kapur Barus

 

kapur barus

 

Meskipun kadang tampilannya menggugah selera, kapur barus bukan untuk dimakan yah.
     Gunakan kamper/kapur barus dalam tempat penyimpanan untuk mengusir ngengat dan mengurangi kelembaban. Periksa beberapa bulan sekali agar ruang penyimpanan kena sirkulasi udara dan menjaga agar dokumen tidak lengket. Kembalikan dokumen ke tempatnya semula setelah Anda gunakan.

Baca juga artikel :